terpopuler

Rahasia Alami Kunyit untuk Gangguan Kesehatan

Kunyit merupakan bagian dari rempah-rempah alami yang sangat sering kita temui di Indonesia.Beragam manfaatnya pun sudah sering kita temukan dalam jenis masakan khas Indonesia. 

Selain itu, juga sering kali kunyit dijadikan sebagai obat tradisional dan alternatif. Namun, beberapa manfaat kunyit berikut ini akan membuat Anda percaya, bahwa rempah ini mampu mencegah penyakit berbahaya yang tanpa kita sadari akan mudah menyerang tubuh.

1. Atasi gangguan pada perut
Dalam jurnal penelitian National Library of Medicine National institute of Health, disebutkan sebuah suplemen yang terbuat dari tanaman kunyit, efektif untuk mengatasi peradangan tubuh yang menyebabkan rasa mulas dan gangguan pencernaan. 
Iris kunyit, rebus dengan air, campurkan dengan 1 sendok teh air kapur sirih, aduk sampai rata. Saring airnya dan diminum setelah dingin secara teratur selama tiga hari akan membantu mengatasi gangguan pencernaan.

2. Kurangi risiko jantung
Sebuah studi tahun 2012 meneliti kandungan kurkumin pada kunyit yang dinilai mampu mencegah serangan jantung. Sebuah penelitian menyebutkan ketika sebagian pasien sebelum melakukan operasi jantung meminum kapsul kurkumin, hasilnya hanya 13 persen pasien yang meminum kurkumin mengalami gangguan serangan jantung. 
Kunyit memang bukan pengganti obat-obatan untuk serangan jantung, namun karena kandungan kurkumin berperan sebagai antioksidan dan anti-inflamasi mengurangi risiko terjadinya serangan jantung pada orang yang telah menjalani operasi by pass jantung.Selain itu kunyit juga dipercaya mampu menjadi obat bagi manusia yang memiliki gangguan jantung lemah. 
Cara meramu kunyit menjadi bahan untuk gangguan jantung adalah campurkan air dari kunyit yang sudah direbus dengan dua sendok makan madu, dan minum di saat pagi atau malam hari. 

3. Mencegah diabetes
Diabetes memang mampu dicegah dengan banyak hal. Penelitian American Diabetes Association mengatakan fungsi kunyit yang meminum kapsul kurkumin mampu mencegah terjadinya pradiabetes menjadi diabetes tipe 2. 
Anda bisa membuat ramuan kunyi menjadi minuman. Campurkan dengan sedikit madu saat diminum. 

4. Lindungi sel otak
Tidak hanya kurkumin, namun kandungan ar-turmeron atau turmeron aromatik juga membantu perbaikan sel-sel batang pada otak. Penelitian tentang kandungan turmeron aromatik terhadap fungsi sel punca pada otak orang dewasa mengatakan bahwa turmeron aromatik mencegah penyakit yang menyerang otak. Jurnal  National Library of Medicine National institute of Health mengatakan, jika dikonsumsi secara tepat bisa mencegah terjadinya Alzheimer. 

5. Redakan sendi
Manfaat kunyit juga telah diteliti terhadap seseorang yang mengalami nyeri sendi. Jurnal National Library of Medicine National institute of Health mengatakan ekstrak kunyit sama dengan obat ibuprofren yang dapat mengurangi nyeri pada sendi penderita osteoarthritis lutut. 
Resep sederhananya adalah tambahkan setengah sendok teh kunyit bubuk pada saat sarapan, atau Anda bisa mencoba mencampurkannya ke dalam satu gelas susu hangat saat pagi hari.

copy by : http://1.thejakartaglobe.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar