terpopuler

Tips Mencegah Gastroenteritis


Walaupun musim hujan tahun ini tidak menyebabkan banjir besar seperti tahun-tahun sebelumnya, namun Anda tetap harus waspada terhadap penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Terutama bila lingkungan tidak terjaga dengan baik kebersihannya. Salah satu penyakit yang perlu Anda waspadai adalah radang saluran pencernaan atau disebut dengan gastroenteritis.

Gastroenteritis merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit. Gejala umum infeksi ini meliputi diare, mual, muntah, demam dan kram perut. meskipun muntah bisa hilang dalam satu hingga dua hari, namun diare yang terjadi akibat penyakit ini bisa berlangsung hingga 10 hari. Hal ini sangat mungkin menyebabkan dehidrasi, dan akan menjadi sangat berbahaya bila terjadi pada anak.

Seseorang dapat secara langsung terkena gastroenteritis ketika kuman atau virus masuk melalui mulut saat mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi, atau secara tidak langsung saat menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus seperti keran air, toilet flush atau mainan anak-anak. Virus penyebab gastroenteritis sangat mudah menyebar dari orang yang terinfeksi ke orang lain melalui kontak dekat. Hal ini terjadi karena virus dapat berpindah saat orang tersebut dari kamar mandi yang sama atau ditularkan dari orang yang menyediakan makanan.

Oleh sebab itu jika Anda mencurigai diri Anda terkena gastroenteritis, segera periksakan diri ke dokter, apalagi bila cairan tubuh Anda selalu keluar selama 24 jam karena muntah lebih dari dua hari, demam 38,9-40 derajat celcius, diare dan dehidrasi. Tanda-tanda dehidrasi yang bisa Anda cermati antara lain haus berlebihan, mulut kering, merasa sangat kelelahan, pusing dan jumlah urin sedikit dengan warna yang pekat.

Agar virus atau bakteri penyebab gastroenteritis tidak cepat menyebar di lingkungan Anda, lakukan pencegahan dengan cara:

1. Rajin cuci tangan

Mencuci tangan secara menyeluruh merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah virus penyebab gastroenteritis. Pastikan Anda mencuci tangan dengan benar, setidaknya selama 20 detik dengan menggunakan sabun. Keringkan tangan setelah selesai mencuci tangan agar virus dan bakteri benar-benar mati. Bila tak ada air dan sabun di sekitar Anda, hand sanitizer dengan kadar alkohol 60 persen bisa menjadi pilihan cepat.

2. Hindari memegang makanan

Jika Anda yakin terkena gastroenteritis, sangat disarankan untuk tidak memegang makanan yang tak akan Anda makan atau yang akan dimasak, mengingat virus sangat mudah menyebar melalui mulut. Setelah yakin sembuh dari penyakit infeksi ini, Anda baru diperbolehkan memegang makanan atau memasak makanan. Pastikan Anda selalu mencuci tangan secara menyeluruh sebelum dan sesudah memegang makanan, khususnya daging mentah dan ikan.

3. Persiapan dan penyimpanan makanan yang tepat

Walaupun makanan organik mentah sangat populer, beberapa jenis makanan organik dibuahi dengan cara yang alami dan bisa saja mengandung bakteri. Jadi jangan langsung memakan wortel mentah tanpa memastikan untuk mencuci sayuran secara menyeluruh dan memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal. Hal ini juga harus Anda lakukan saat mencuci daging, ikan dan unggas. Simpan sisa makanan di wadah kedap udara dan di dalam freezer untuk mencegah kontaminasi silang.

4. Bersihkan rumah

Jika ada anggota keluarga Anda yang baru saja sembuh dari gastroenteritis, jangan tunggu sampai musim panas untuk membersihkan rumah. Sangat disarankan untuk segera membersihkan rumah untuk menghentikan penyebaran bakteri. Ganti sprei dan handuk serta bersihkan toilet secara menyeluruh. Ganti juga sikat gigi yang dapat dijadikan tempat persembunyian mikroskopis.  

5. Pisahkan barang-barang pribadi

Meskipun gastroenteritis tidak mematikan seperti rabies atau hepatitis, namun karena virus sangat mudah menyebar dan menyebabkan infeksi, hal ini bisa jadi mematikan bila terjadi pada bayi, anak-anak dan orang tua. Bila anggota keluarga Anda ada yang terinfeksi, hal  terbaik yang harus Anda lakukan adalah menjaga kesehatan anggota keluarga yang lain sampai anggota keluarga yang terinfeksi gastroenteritis sembuh. Hindari berbagi peralatan makan, gelas, piring dan gunakan handuk terpisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar